Panglima Yudo Harap Kasal yang Baru Segera Ditetapkan

  • Bagikan
Yudo Margono, Calon Panglima TNI
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono/(Foto: realitarakyat)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengharapkan agar Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) yang baru segera ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Mudah-mudahan Kasal yang baru segera ditetapkan dan dilantik karena begitu saya menjabat rangkap ini, tidak mudah. Dari Kotama TNI AL laporan, Kotama TNI laporan semua, terus gimana ini? ‘hape’-nya pecah ini menerima laporan banyak sekali,” kata Yudo dalam sambutannya pada Exit Briefing Kasal dengan ratusan personel TNI AL di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (21/12).

Oleh karena itu, dia berharap agar Kasal yang baru segera ditunjuk dan ditetapkan serta segera melakukan serah terima jabatan.

“Dengan demikian, saya fokus bekerja sebagai Panglima TNI. Dengan posisi sekarang mungkin pembawa acara (MC) bingung, Panglima TNI selaku Kasal, gimana itu. Nanti bingung loh Panglima TNI selaku Kasal. Kasal ya Kasal, Panglima TNI ya Panglima TNI,” ujarnya.

Yudo tidak menyebutkan siapa calon Kasal yang akan menggantikannya karena hal itu merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Bapak Presiden sudah bicara bahwa calon Kasal itu Pati bintang tiga, bukan bintang satu atau bintang dua,” kata Yudo.

Sementara itu, Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menilai ada enam perwira bintang tiga yang berpotensi calon Kasal pengganti Yudo.

Jika pertimbangannya pernah bekerja di lingkungan Istana, kata Anton, ada dua nama yang berpotensi, yakni Irjen TNI Letnan Jenderal (Mar) Bambang Suswantono dan Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal (Mar) Suhartono.

Suswantono dan Suhartono sama-sama pernah tercatat sebagai Komandan Paspampres era Jokowi. Namun, Anton mengingatkan sejauh ini posisi Kasal belum pernah dijabat oleh perwira tinggi Marinir.

“Pertimbangan sosok yang pernah bekerja untuk ring 1 misalnya pernah terjadi saat penunjukan Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI maupun Jenderal Pol. Listyo Sigit sebagai Kapolri,” tuturnya.

Jika pertimbangannya merujuk pada kecenderungan pola pos jabatan sebelum menjadi Kasal, peluang Wakil Kasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono terbuka lebar.

“Sejauh ini, terkait riwayat jabatan sebelum menjabat Kasal di era reformasi, sosok Wakasal mendominasi dengan 38,5 persen,” ujarnya.

Menurut Anton, apabila mempertimbangkan usia pensiun panjang, ia menilai sosok Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali adalah pilihan utama. Ali baru masuk usia pensiun pada April 2025.

Selain itu, Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto masih berpotensi menduduki pos Kasal baru jika mempertimbangkan kedekatan dengan Panglima TNI sebelumnya Jenderal Andika Perkasa.[prs]

  • Bagikan