Libur 17 Agustus, Jumlah Pengunjung Wisata ke Bantul Meningkat

  • Bagikan
Bantul
Ilustrasi wisatawan. DOK/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat kenaikan kunjungan wisatawan ke daerah ini selama sepekan terakhir atau yang bertepatan dengan libur 17 Agustus dibanding dengan kunjungan dalam sepekan sebelumnya.

“Libur Agustus kemarin berpengaruh atas kenaikan kunjungan wisatawan periode mingguan,” kata Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Markus Purnomo Aji di Bantul, Selasa (22/8).

Dia menyebutkan, kunjungan wisatawan dari semua destinasi Bantul selama sepekan dari tanggal 14 sampai 20 Agustus sebanyak 34.448 wisatawan dengan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp332,5 juta.

Angka itu mengalami kenaikan sebesar 9,9 persen dibanding dengan tingkat kunjungan wisata ke Bantul periode mingguan, atau dari tanggal 7 sampai 13 Agustus yang sebanyak 31.325 wisatawan dengan perolehan PAD sebesar Rp207,7 juta.

Salah satu event dalam sepekan Agustus yang meningkatkan kunjungan wisata ke pantai selatan Bantul yaitu pelepasan penyu di Pantai Gua Cemara bertajuk rilis Penyu Merdeka pada 17 Agustus, dan keroncong pesisiran Mataraman di Pantai Samas pada 19 Agustus 2023.

Dia mengatakan, objek wisata di kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan utama atau wisata andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul, dibanding kawasan pantai selatan yang ada di sebelah barat.

Sementara itu,  kunjungan wisata ke Bantul selama libur akhir pekan terakhir justru mengalami penurunan sedikit dibanding libur akhir pekan sebelumnya.

Tercatat kunjungan wisata dari 18 sampai 20 Agustus sebanyak 21.069 orang dengan pendapatan pariwisata sebesar Rp203 juta, sementara kunjungan wisata dari 11 sampai 13 Agustus sejumlah 21.698 orang dengan PAD sebesar Rp207,7 juta.

“Turun sebanyak 2,8 persen dibanding libur akhir pekan yang lalu. Iya turun sedikit meski fluktuatif biasa,” katanya.

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Bantul, Dinas Pariwisata bersinergi dengan pihak terkait menggelar kegiatan di kawasan wisata, seperti yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu pemecahan rekor MURI tari montro di Pantai Parangkusumo Parangtritis pada 26 Agustus 2023.

  • Bagikan