Hari Pertama Kampanye, Prabowo dan Gibran Utamakan Jalani Tugas Negara

  • Bagikan
Hari Pertama Kampanye, Prabowo dan Gibran Utamakan Jalani Tugas Negara
Wakil Komandan Alpha Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Herman Khaeron. //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Komandan Alpha Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Herman Khaeron, mengatakan Prabowo Subianto menjalankan tugas negara di hari pertama kampanye, Selasa (28/11), dengan mengikuti rapat internal bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, lanjut Herman, pendamping Prabowo dalam Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka, juga melakoni tugasnya sebagai wali kota Surakarta.

“Pak Prabowo, Mas Gibran, tentu masih menjalankan tugas-tugas kenegaraannya, gitu. (Mereka) Masih harus menyelesaikan tugas-tugas kenegaraannya,” kata Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Herman menjelaskan hal itu dilakukan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 itu karena Prabowo dan Gibran belum mengambil jatah cuti untuk kampanye.

“Pejabat negara itu, kalau ikut berkontestasi harus cuti dalam masa jabatannya, gitu, ya. Nah, oleh karenanya, kan harus diajukan dulu cuti, baik itu Pak Prabowo maupun Mas Gibran,” katanya.

Oleh karena itu, Herman mengatakan sikap Prabowo-Gibran dalam dua hari pertama masa kampanye Pilpres 2024 berbeda dengan dua paslon lain yang tidak mengemban jabatan sebagai pejabat negara.

“Mungkin lebih leluasa bagi kandidat lain yang bukan pejabat negara. Lebih leluasa mereka untuk segera melakukan running kampanyenya,” kata Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat itu.

Herman menegaskan komitmen pasangan Prabowo-Gibran akan mengikuti ketentuan dan peraturan berlaku selama kampanye.

“Untuk melakukan kampanye, untuk hadir dalam event-event (acara) kampanye, kegiatan-kegiatan kampanye, ya, nanti harus masa cuti, gitu. Oleh karenanya, ini harus ditempuh, kan kami harus patuh terhadap aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilu maupun undang-undang,” ujar Herman.

Sebelumnya, pada hari pertama kampanye, Selasa (28/11), Prabowo mengikuti rapat internal bersama Presiden Jokowi; sedangkan Gibran berkantor seperti biasa di Kantor Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Demikian pula di hari kedua kampanye, Rabu, Prabowo masih belum mengambil cuti dan tetap berkantor seperti biasa menjalankan tugasnya sebagai menteri pertahanan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengkonfirmasi Prabowo berkantor seperti biasa di Jakarta, Rabu.

“Ada kegiatan di Istana bersama para menteri dipimpin oleh Bapak Presiden RI,” kata Edwin. (ndi)

  • Bagikan