Roberth Rouw: Konsepsi Rawat Kebhinnekaan Jadi Kunci Berdirinya NKRI

  • Bagikan
Roberth Rouw: Konsepsi Rawat Kebhinnekaan Jadi Kunci Berdirinya NKRI
Sosialisasi 4 Pilar Anggota MPR Fraksi NasDem Roberth Rouw di Yapen Papua/Ist
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota DPR/MPR RI dari daerah pemilihan Papua, Roberth Rouw mengatakan, konsepsi merawat kebhinnekaan merupakan kunci berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut diungkapkan Roberth Rouw saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di tanah kelahirannya di Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Minggu (18/9).

“Sebab, dengan merawat kebhinnekaan merupakan wujud pengakuan dan sekaligus penghormatan terhadap adanya heterogenitas dalam berbagai aspek kebangsaan,” Kata Roberth.

Ia menuturkan, kebhinekaan merupakan kunci berdirinya NKRI, sebab konsepsi kebhinnekaan mengamanatkan pengakuan terhadap keberagaman dalam kerangka mencari titik temu atau titik persetujuan bersama.

“Di mana dalam prosesnya harus menjunjung tinggi kepentingan bersama, menegakkan toleransi dan menghormati perbedaan, serta mengedepankan semangat musyawarah untuk mufakat,” Imbuhnya.

Karena itu, Roberth yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI ini menuturkan, dengan mengikuti Sosialisasi Empat Pilar ini bisa menyegarkan ingatan masyarakat terhadap sejarah perjuangan bangsa sekaligus mempertebal rasa cinta terhadap bangsa Indonesia.

“Kita tidak mungkin mencintai Indonesia kalau kita tidak mengenalnya dengan baik. Inilah salah satu fungsi kegiatan sosialisasi ini, mengenalkan sejarah bangsa kepada masyarakat, agar timbul perasaan cinta yang makin besar kepada bangsa dan negara,” Ungkap Roberth.

Ia menjelaskan, Empat Pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika ini penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia agar kehidupan bangsa Indonesia semakin kokoh.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para pemuda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa dapat semakin kuat dalam menghadapi tantangan jaman, serta terjaganya rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa,” Jelas Roberth yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu.

Ia juga menjelaskan, Sesuai UU No 17 tahun 2014, setiap anggota MPR memiliki tugas untuk mensosialisasikan dan memasyarakatkan Empat Pilar MPR RI.

Sebab, Sosialisasi Empat Pilar ini menjadi penting karena ada tanggungjawab kita bersama untuk membentengi para remaja kita dengan nilai-nilai Pancasila yang diwariskan oleh para pendiri bangsa.

“Semuanya ditujukan untuk mengembalikan kita kepada nilai-nilai luhur bangsa. Mari kita laksanakan Empat Pilar,” pungkas Roberth.[prs]

  • Bagikan