Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Kasus Korupsi Gedung Dukcapil

  • Bagikan
Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Kasus Korupsi Gedung Dukcapil
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, menolak eksepsi terdakwa Herold E. Loak dalam kasus dugaan korupsi pembangunan gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang senilai Rp. 3 miliar.

Ditolaknya eksepsi terdakwa Herold E. Loak oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Kupang, Sarlota Suek yang dibacakan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Kupang, Selasa 24 Januari 2023 lalu.

Sidang dengan agenda pembacaan putusan sela terhadap eksepsi ini dipimpin ketua majelis hakim ,Sarlota Suek didampingi dua hakim anggota lainnya. Terdakwa Herold E. Loak didampingi kuasa hukumnya, Isak Lalangsir. Turut hadir JPU Kejari Kota Kupang, Yeremias Pena.

Dalam putusan sela itu, majelis hakim Sarlota Suek menegaskan bahwa menolak eksepsi terdakwa Herold E. Loak melalui kuasa hukumnya, memerintahkan JPU Kejari Kota Kupang untuk melanjutkan persidangan dengan melakukan pemeriksaan terhadap pokok perkara. Dan, membebankan biaya perkara terhadap terdakwa hingga putusan kasus ini.

Terhadap putusan ini, majelis hakim Pengadilan Tipikor Kupang memberikan waktu kepada penuntut umum untuk menghadirkan saksi – saksi dan alat bukti pada sidang berikutnya yang akan dilaksanakan pada Selasa 31 Januari 2023 mendatang.

Terpisah, JPU Kejari Kota Kupang, Yeremias Pena mengatakan Penuntut Umum memberikan apresiasi atas putusan selas Majelis Hakim dan Penuntut Umum siap menghadirkan saksi dan alat bukti lainnya di persidangan untuk membuktikan dakwaan yang didakwakan kepada terdakwa.

“Kami selaku penuntut umum memberikan apresiasi terhadap putusan sela yang telah dibacakan majelis hakim atas eksepsi terhadap dakwaan JPU oleh terdakwa. Dan, JPU siap menghadirkan saksi – saksi dan alat bukti dalam persidangan berikutnya,” kata Yeremias.(rey)

  • Bagikan