Perbaikan Jalan Diambil Alih Pemerintah, DPR: Warning bagi Gubernur Lampung

  • Bagikan
Perbaikan Jalan Diambil Alih Pemerintah, DPR: Warning bagi Gubernur Lampung
Wakil Ketua Komisi II DPR Yanuar Prihatin/Dok.Ist
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pengambilalihan perbaikan di sebagian ruas jalan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dinilai sebagai warning untuk Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Arinal ‘disentil’ agar lebih melek terhadap pada perbaikan infrastruktur.

“Di balik ucapan Jokowi ini, ada pesan yang menusuk. Bagi Pemda Provinsi Lampung, ini semacam warning bahwa Pemda Lampung tidak cukup mampu menyelesaikan soal infrastruktur yang satu ini. Jadi ke depannya agar segenap jajaran pemda setempat lebih peduli dan sungguh-sungguh untuk perbaikan infrastruktur setempat, khususnya jalan,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin kepada wartawan, Jakarta, Senin (8/5).

Menurut dia, Jokowi juga menyampaikan pesan tersirat kepada pemerintah pusat terkait pengawasan infrastruktur. Untuk itu, dia meminta pemerintah pusat untuk juga tidak lupa melakukan pengawasan pembangunan di daerah-daerah.

“Dan bagi pemerintah pusat, ucapan Jokowi ini sebenarnya juga mengingatkan agar pengawasan dan pengendalian infrastruktur di daerah harus lebih kuat. Kasus Lampung ini menyiratkan bahwa pengawasan pusat lemah. Harus diperbaiki,” ucapnya.

Di sisi lain, poltisi Fraksi PKB ini berharap sikap Arinal yang sempat bertepuk tangan saat Jokowi menyatakan mengambil alih perbaikan harus jadi pelecut untuk melakukan perbaikan ke depannya. Sehingga, orang nomor satu di Lampung itu tidak lepas dari tanggung jawab.

“Ujungnya adalah sinkronisasi ulang seluruh proses pembangunan jalan di Lampung agar ada progres nyata yang dirasakan masyarakat. Tepuk tangan Gubernur Lampung ini jangan sampai bermakna kegembiraan karena lepas tanggung jawab, bukan kegembiraan untuk semangat perbaikan ke depan,” ucapnya.

Presiden Jokowi meninjau langsung kondisi jalan di Lampung usai menjadi polemik. Usai merasakan langsung kondisi jalan itu, Jokowi memutuskan untuk mengambil alih perbaikan sejumlah jalan di Lampung.[prs]

  • Bagikan