Dikritik Novel Baswedan, Ini Penjelasan Ketua KPK Soal Harun Masiku

  • Bagikan
Firli Bahuri
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjawab kritik Wakil Kepala Satgas Pencegahan Korupsi Polri Novel Baswedan terkait Harun Masiku.

“Boleh saja orang memberikan komentar, dulu saya masih ingat ada kata-kata tidak akan mungkin Izil Azhar ditangkap, tapi faktanya bisa kita tangkap,” ujar Firli dalam konferensi pers di KPK, Senin (14/8/2023).

“Boleh saja orang mengatakan Ricky Ham Pagawak yang melarikan diri ke PNG (Papua Nugini) juga dikatakan tidak mungkin pimpinan KPK di bawah kepemimpinan Firli bisa menangkap, buktinya kita tangkap,” sambungnya.

Firli mengatakan KPK memastikan semua pelaku tindak pidana korupsi yang masuk daftar pencarian orang (DPO) tidak luput untuk dilakukan pencarian dan penangkapan.

KPK bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Imigrasi. Lembaga antirasuah juga disebut menggunakan fasilitas MLA (Mutual Legal Assistance).

Selain itu, Firli mengklaim lembaga yang dia pimpin juga bekerja sama dengan pihak kepolisian.

“Jadi, kita akan terus bekerja. Karena memang kerja kita adalah bekerja, bekerja, bukan untuk memberikan komentar,” sambung Firli.

Firli menyebut kerja sama terkait pencarian DPO ini dilakukan secara nasional dan internasional.

Wakil Kepala Satgas Pencegahan Korupsi Polri Novel Baswedan menyebut KPK tidak pernah serius menangani kasus suap yang menyeret nama Harun Masiku.

“Kasusnya Harun Masiku ini, saya melihat sejak awal penanganannya dilakukan tidak bersungguh-sungguh, contohnya ketika dilakukan penangkapan waktu itu kan, tidak didukung juga penangkapan dengan benar sehingga Harun Masiku kabur,” kata Novel di Kampus Unhas Makassar, Kamis (10/8).

Mantan penyidik senior KPK itu mengaku heran sampai saat ini KPK tidak mampu untuk menangkap buronan Harun Masiku.

Selain itu, Novel juga mengkritisi kinerja KPK di bawah pimpinan Firli Bahuri yang belum mampu menangkap Harun Masiku. Menurut dia, Firli harus bekerja bersungguh-sungguh untuk mencari dan menangkap buronan, Harun Masiku.

“Terlepas apa pun pimpinan KPK harus bekerja benar dan saya menyampaikan itu karena saya banyak mengetahui praktik-praktik korupsi yang dilakukan pimpinan KPK. Makanya, peran serta masyarakat sebagai warga negara boleh dong mengkritisi jangan sampai dibiarin,” ujarnya. (ndi)

  • Bagikan