Bamsoet Minta KPU Gencarkan Sosialisasi untuk Pemilih Pemula

  • Bagikan
Bamsoet Minta KPU Gencarkan Sosialisasi untuk Pemilih Pemula
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet)/Ist
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemilihan Umum RI menggencarkan lagi kegiatan sosialisasi bagi pemilih pemula yang akan menggunakan haknya dalam Pemilu 2024 mendatang.

Menurut politisi yang akrab disapa Bamsoet itu, sudah seharusnya KPU turut memberikan perhatian khusus terhadap pemahaman pemilih pemula tentang pemilu.

“Oleh karenanya, KPU perlu kembali menggencarkan program sosialisasi KPU Goes To School bekerja sama dengan beberapa sekolah tingkat menengah,” katanya dalam keterangannya, Selasa (2/5).

Bamsoet Bamsoet meyakini program KPU Goes To School memberi kesempatan bagi penyelenggara pemilu untuk bertemu langsung dengan pemilih pemula maupun calon pemilih pemula.

Selain itu, program itu juga disebutnya sebagai strategi komunikasi yang ideal mengenai isu-isu demokrasi.

“Sehingga diharapkan dengan upaya tersebut mampu meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilu nantinya,” kata Bamsoet.

Sebagai informasi, KPU Goes To School merupakan program sosialisasi sadar memilih yang dijalankan oleh KPU bagi siswa-siswi tingkat sekolah menengah atas atau sederajat.

KPU Goes To School antara lain menyampaikan pemahaman kepada siswa-siswi pemilih pemula maupun calon pemilih pemula tentang proses pemilu serta siapa saja yang berhak menjadi peserta atau pemilik hak pilih.

KPU sebelumnya telah memproyeksi bahwa Pemilu 2024 akan didominasi pemilih muda berusia di bawah 40 tahun dengan jumlah sekira 107-108 juta atau 53-55 persen dari total pemilih di Indonesia, termasuk di dalamnya pemilih pemula.

KPU pada 18 April 2023 juga menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2024 sebanyak 205.853.518 orang.[prs]

  • Bagikan